Skip to content

Bahan Velg Mobil dan Cara Pembuatannya

Spread the love

Bahan Velg Mobil – Untuk kamu seorang pecinta modifikasi, mengetahui tentang material velg mobil dan juga proses pembuatannya sangat diperlukan. Terlebih apabila kamu yang memang mengedepankan sisi kaki-kaki mobil untuk modifikasinya. Tentu saja kamu tidak bisa asal dan sembaragan untuk melakukan modifikasi velg mobil, hal tersebut karena jika salah memilih dapat memengaruhi daya akselerasi dan juga handling mobil. Berikut informasi terkair material yang biasa digunakan pada sebuah velg mobil.

Bahan Velg Mobil

Setidaknya ada beberapa material velg mobil yang biasa digunakan dalam pembuatan velg. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Velg Baja

Velg baja adalah velg yang dibuat dengan perpaduan material besi dan juga karbon. Di Indonesia sendiri velg jenis ini sering disebut dengan sebutan velg kaleng. Hal ini dikarenakan velg baja memiliki desain yang mirip seperti kaleng.

2. Velg Alumunium

Velg alumunium adalah velg yang dibuat dari campuran alumunium, magnesium, dan juga nikel. Jenis velg ini cukup banyak desain dan memiliki berbagai macam model. Hal tersebut dikarenakan bahan alumunium ini lebih mudah untuk dibentuk.

3. Velg Magnesium

Walaupun memiliki desain yang cukup banyak, namun velg dengan jenis ini hanya dijumpai dan lebih banyak digunakan untuk keperluan balap saja. Karena memang velg mobil dengan bahan material magnesium lebih rentan terkena korosi.

4. Velg Carbon

Velg carbon adalah jenis velg yang memiliki daya tahan dan kekuatan yang cukup tinggi. Selain itu, velg ini juga memiliki bobot yang cukup ringan.

Proses Pembuatan Velg Mobil

Cara Pembuatan Velg Mobil
Cara Pembuatan Velg Mobil

Dan itu dia bahan material yang biasa digunakan oleh velg mobil, dan perlu kamu ketahui, proses pembuatan velg sendiri dibagi menjadi 3. Mulai dari Casting, Flow Forming, dan juga Forging. Apa maksud dan perbedaannya? Berikut ulasannya bisa kamu simak.

1. Casting

Proses pembuatan velg dengan menggunakan metode casting ini dibuat dengan cara dicetak melalui cetakan yang sudah dibuat. Proses pembuatannya sendiri dibagi menjadi dua, yaitu gravity casting dan juga low pressure casting. Pembuatannya sendiri cukup dengan melelehkan material velg menjadi sebuah cairan panas. Lalu dituangkan ke dalam cetakan yang sudah dibentuk sesuai dengan model velg nya.

Metode ini merupakan metode pembuatan velg yang biasa dilakukan oleh banyak produsen. Keuntungan velg casting sendiri adalah biaya produksinya yang lebih mudah dan juga cepat dibandingkan jenis lainnya.

2. Forging

Velg yang dihasilkan dengan proses forging ini sangat kuat. Karena memang proses pembuatannya juga dengan menggunakan teknologi yang sangat rumit. Proses forging sendiri tidak sama seperti casting yang dicetak pada sebuah cetakan. Untuk forging, material yang digunakan berbentuk padat dan bisa dibilang sangat banyak macam material.

Namun salah satu bahan yang paling umum digunakan adalah alumunium, karena memang selain kuat, bahan ini juga ringan dan cocok digunakan sebagai bahan pembuatan velg mobil. Proses pembuatannya dimulai dengan memasukkan alumunium padat ke dalam mesin lalu dipanaskan dan dibentuk menjadi sebuah velg.

Dalam proses ini, velg juga akan ditekan sehingga dapat menghasilkan velg yang keras dan solid untuk digunakan pada mobil.

3. Flow Forming

Proses pembuatan velg dengan metode flow forming ini cukup banyak digunakan. Sebenarnya metode ini merupakan pengembangan dari velg casting atau cetak. Velg yang dibuat dengan metode flow forming diproduksi melalui beberapa tahapan. Dimulai dengan proses cetak, ditekan dengan roller, lalu ditarik dengan mesin, hingga akhirnya terbentuk menjadi sebuah velg. Mudahnya adalah, proses ini seperti pembuatan guci.

Velg casting yang baru setengah jadi akan dibentuk bagian sisinya, dengan menggunakan cara ini maka kepadatan material akan menjadi lebih baik. Keuntungan velg yang dibuat dengan cara ini adalah velg akan lebih kuat, ringan, dan juga bulat sempurna.

Pilihan untuk velg flow form sendiri cukup banyak, sebut saja seperti HSR Tobelo, HSR Botail, HSR Tual, HSR Akegula, dan masih banyak lainnya. Apabila kamu ingin mendapatkan 3 jenis velg di atas dengan kualitas yang terbaik, maka kamu bisa mengunjungi dealer resmi HSR Wheel terdekat yang sudah tersebar di seluruh Indonesia. Untuk mengetahui alamat lengkap dari masing-masing dealer, kamu bisa mengunjungi laman resmi HSR Wheel Store.